Jenis-Jenis Asuransi Yang Ada Sekarang

Secara sederhana, kita semua sudah memahami bahwa asuransi merupakan program penjaminan yang akan membayar sejumlah manfaat pada tertanggung jika terjadi risiko sakit atau musibah.

Adapun menurut Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) pasal 246, asuransi adalah sebuah perjanjian di mana pihak penanggung mengikatkan diri pada tertanggung, dengan menerima suatu premi untuk penggantian dari kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan mungkin diderita tertanggung karena suatu peristiwa yang tidak tentu (tiba-tiba).

Berikut ini kami akan memperkenalkan jenis-jenis asuransi yang umum di Indonesia.

Asuransi Jiwa

Penggunaan asuransi jiwa ini untuk memberikan jaminan pada tertanggung atas kematiannya. Perlu diketahui bahwa cara pembayaran jaminan untuk asuransi jiwa ini tidak harus menunggu tertanggung meninggal. Melainkan juga bisa diambil sewaktu-waktu saat tertanggung masih hidup.

Asuransi ini sangat penting, terutama jika Anda memiliki keluarga atau ahli waris.

Asuransi Pendidikan Anak

Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) pengajuan asuransi pendidikan di Indonesia makin meningkat setiap tahunnya, yaitu sekitar 10% sampai 20% per tahunnya. Asuransi pendidikan adalah salah satu produk asuransi untuk anak yang bagus agar pendidikannya terjamin.

Sebenarnya asuransi pendidikan ini merupakan jenis investasi dengan manfaat pertanggungan kesehatan. Karena ini bukan tabungan, jadi nilai investasi dari uang yang Anda tanamkan bergantung pada keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Jadi para orang tua harus membaca baik-baik semua informasi polis yang disediakan oleh pihak asuransi.

Asuransi Kesehatan

Ini adalah asuransi yang, setidaknya, harus dimiliki oleh setiap orang. Hal ini karena perawatan kesehatan bisa dibutuhkan kapan saja, terutama untuk perawatan rutin seperti gigi.

Jika tempat Anda bekerja tidak menyediakan asuransi kesehatan, maka Anda harus membelinya sendiri. Tidak semua asuransi kesehatan berharga mahal, dan langkah ini merupakan cara untuk melindungi keuangan Anda jika sewaktu-waktu harus membayar biaya perawatan.

Asuransi kesehatan juga dilengkapi dengan manfaat kecelakaan dan kematian. Carilah asuransi kesehatan terbaik 2018 untuk mengetahui asuransi yang baik seperti apa.

Asuransi Umum (General Insurance)

Asuransi jenis ini bertujuan untuk memberikan jaminan pada tertanggung dari kerugian, serta kehilangan aset berharga, atau tanggung hukum pada pihak ketiga.

Contoh sederhana dari asuransi umum adalah, sebuah usaha mengasuransikan pengangkutan barang (marine cargo). Adapun asuransi ini juga melindungi aset-aset bisnis dari bencana alam atau kebakaran. Contoh lain adalah Christiano Ronaldo yang mengasuransikan kakinya sejumlah 100 juta US dollar.

Jaminan Sosial

Setiap orang, terutama para pekerja, pasti memiliki jaminan sosial ini. Tujuan dari asuransi ini adalah untuk menyokong hari tua. Sehingga seseorang tidak perlu khawatir saat masa pensiun tiba.

Sifat dari asuransi ini adalah wajib. Cara pembayaran preminya pun dengan memotong 5,7% dari gaji.

Asuransi Kendaraan

Dari namanya pasti Anda sudah bisa menebak, bahwa asuransi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan pada kendaraan pribadi.

Asuransi jenis ini memikat banyak peminat, terutama, setelah terjadi kerusuhan tahun 1998. Di mana saat itu banyak kendaraan dirusak para perusuh. Lalu, sempat marak juga gangguan keamanan seperti begal dan curanmor, yang menjadikan makin banyak orang menyadari pentingnya asuransi kendaraan. Pelajari juga cara mudah klaim asuransi mobil.

Asuransi Properti dan Kepemilikan Rumah

Berbeda dengan asuransi umum, perlindungan yang diberikan oleh asuransi properti dan pemilikan rumah lebih ditujukan pada properti milik pribadi. Salah satu properti yang dilindungi oleh asuransi ini adalah tanah.

Asuransi ini penting untuk dimiliki sebagai langkah antisipasi jikalau rumah atau properti mengalami kerusakan secara tidak terduga.

Asuransi Perjalanan

Berbeda dengan asuransi lain yang kontraknya bisa tahunan, asuransi perjalanan memiliki durasi singkat, yaitu hanya selama Anda berada dalam masa perjalanan.

Asuransi perjalanan ini memberikan jaminan jika terjadi kecelakaan dan kesehatan di tempat Anda berkunjung. Serta, memberikan jaminan untuk kehilangan dan kerusakan barang bawaan di bagasi pesawat.

Asuransi perjalanan penting untuk dimiliki, mengingat Anda jauh dari tempat domisili.

Dengan memahami jenis-jenis asuransi yang ada, sekarang Anda bisa memilih jenis asuransi mana yang perlu Anda dapatkan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *